Temukan Warna Rambut Sesuai Undertone Kulitmu!

Sumber: Freepik

Rambut merupakan salah satu bagian yang akan memengaruhi penampilan bagi perempuan maupun laki-laki. Biasanya seseorang tidak hanya menata rambut sedemikian rupa, tetapi juga akan mewarnai rambut agar lebih menarik. Terkadang mewarnai rambut bagi seseorang merupakan hal yang mampu untuk mengurangi stres, tetapi lebih banyak orang mewarnainya untuk menonjolkan penampilan yang menarik. Namun, dalam mewarnai rambut perlu memperhatikan pemilhan warna agar tidak terlihat aneh dan justru membuat penampilan tampak buruk. Warna untuk rambut juga tidak boleh asal memilih, sebab warna rambut tidak selalu cocok dengan tone kulit. Sebaiknya memilih warna rambut yang sesuai dengan undertone kulit.

Memilih warna rambut sesuai undertone kulit
Source: Medcom.id

Memilih warna kulit sesuai dengan tone kulit perlu diperhatikan agar kulit terlihat semakin cerah dan bersih. Hal itu karena terkadang memilih warna rambut yang tidak cocok justru akan membuat penampilan semakin buruk. Contohnya warna rambut hitam tidak lebih baik dari rambut warna blonde milik Rose Blackpink.

Walaupun personil girl group Blackpink ini terlahir dengan rambut berwarna hitam, dia lebih cocok dengan rambut berwarna blonde. Memilih warna rambut yang cocok dengan skin tone pasti akan menyebabkan kesulitan tersendiri. Tetapi tenang saja ini beberapa rekomendasi warna rambut yang cocok dan sesuai dengan tone kulitmu.

Warna untuk Kalian yang Memiliki Kulit Warm Tone

Pada dasarnya skin tone warm memiliki undertone atau dasar warna seperti kuning dan orange Pemilik skin tone hangat perlu mengetahui bahwa ada beberapa warna yang tidak cocok atau membuat kulit semakin kusam. Warna tersebut, yaitu warna merah yang cenderung mencolok dan menyala sehingga akan membuat kulit terlihat kusam, tetapi jangan khawatir berikut pilihan warna yang sesuai dengan kulit bertone hangat.

Rekomendasi warna rambut untuk warm tone
Source: Pexels.com

1. Cokelat

Rambut dengan warna cokelat sangat cocok untuk kulit yang memiliki tone hangat. Hal itu karena warna cokelat akan menyeimbangkan warna kulit sehingga kulit semakin segar. Warna coklat untuk skin tone warm, antara lain chestnut brown, caramel, brown, gold brown, reddish brown, dan light auburn. Pada dasarnya warna-warna ini memiliki dasar cokelat, tetapi memiliki kombinasi dengan warna lainnya.

2. Blonde

Kulit yang bertone warm lebih baik dianjurkan untuk memilih warna blonde, seperti yang dianjurkan berikut. Pertama, warna blush blonde. Warna ini terlihat seperti warna peach yang memiliki campuran warna merah muda. Kedua, pemilik kulit warm tone dapat memilih jenis warna blonde, seperti gold beige. Terakhir, yaitu warna buttery blonde atau warna kuning keemasan. Walaupun begitu warna buttery blonde tidak terlalu begitu mencolok.

Warna Rambut untuk Kulit Cool Tone

Berbeda dengan seseorang yang memiliki rambut warm tone, orang yang memiliki skin tone cool dianggap lebih cocok menggunakan variasi warna yang lebih cerah, padahal tidak selalu seperti itu. Berikut warna rambut yang sesuai dengan skin undertone cool.

Source: Pinterest hairbook.jp

1. Ash/Blonde

Pemilihan warna blonde dengan undertone cool dapat memilih warna seperti platinum, Ash blonde, ash brown, ash purple. Blonde platinum memiliki warna yang terang dan hampir terlihat seperti warna abu-abu yang bernuansa putih. Ash blonde memiliki warna mengarah ke percampuran abu-abu dengan cokelat tetapi masih dominan warna abu-abu.

Selanjutnya, warna ash brown yang lebih mengarah pada warna netral. Warna ash brown lebih mengarah pada warna cokelat yang terlihat kalem dan terakhir ash purple memiliki warna seperti dusty keabu-abuan, tetapi warna ash purple tidak akan secerah warna pastel lainnya. Warna-warna ini sangat cocok untuk pemiliki skin tone cool sebab akan memberikan efek warna seimbang antara kulit dengan rambut. Selain itu juga membuat kulit tampak lebih cerah.

2. Brunettes

Jika lebih menyukai warna cokelat untuk mewarnai rambut. Ada beberapa shade warna yang cocok untuk pemilik cool tone. Warna rambut cokelat yang cocok untuk cool tone, antara lain warna cokelat dipadukan sedikit warna hijau, moka, dan cokelat bercampur dengan warna abu-abu. Warna-warna tersebut cenderung memiliki warna yang hampir senada. Walaupun begitu ketiganya memiliki perbedaan berdasarkan warna campuran yang tak terlihat begitu kentara.

3. Merah

Warna rambut merah merupakan klasifikasi yang cocok untuk pemilik undertone yang hangat. Namun, ada beberapa shade warna merah yang cocok untuk skin tone sejuk jika menginginkan warna merah pada rambut. Warna rambut merah yang cocok untuk tone kulit sejuk, antara lain burgundy, merlod, dan merah moka.

Warna Rambut yang Cocok untuk Undertone Netral

Seorang yang memiliki skin tone netral lebih bebas untuk memilih warna rambut, karena warna apapun akan terlihat cocok untuknya. Pemilik skin tone yang netral bisa memilih warna-warna yang direkomendasikan di atas. Namun, juga harus memperhatikan beberapa hal, seperti kecenderungan kulit mengarah pada warm tone atau cool tone. Hal tersebut bertujuan agar warna rambut membuat kulit semakin fresh.

Penulis: Aulia Rahma | Editor: Aini Zulfa Izza