Kenali Outfit untuk Tubuh Berbentuk Pir: Hindari Pakaian Berikut!

Sumber: freepik.com

Setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda-beda. Bentuk tubuh ini akan berpengaruh terhadap penampilan seseorang. Maka dari itu, perlu mengenali fashion yang cocok dengan bentuk tubuh yang kita miliki.

Salah satu bentuk tubuh yang cukup umum adalah tubuh berbentuk pir. Bentuk tubu, seperti buah pir memiliki daya tarik tersendiri. Namun, tetap saja jika salah dalam memilih outfit penampilan, maka akan terlihat kurang memukau bahkan terlihat aneh. Beberapa artis yang dapat dijadikan role model pemilihan outfit untuk tubuh berbentuk pir, antara lain Beyonce, Kim Kardhasian, dan Jennifer Lopez.

Bentuk tubuh
Source: freepik.com

Proporsi Tubuh Bentuk Pir

Layaknya buah pir bentuk tubuh ini cenderung lebih kecil di bagian atas, yaitu bagian bahu daripada bawah, seperti bokong dan pinggul. Proporsi inilah yang menjadi ciri khas pemilik body shape pear. Biasanya pemilik tubuh seperti buah pir ini memiliki kesan yang seksi dan sensual sehingga sebagian wanita menginginkan bentuk tubuh seperti ini.

Bagian pinggang ke atas yang kecil menjadikan proporsi tubuh pir kurang seimbang. Bentuk badan ini termasuk dalam kategori bentuk yang endomorph, yaitu lemak pada tubuh yang lebih banyak di bagian pinggang. Dalam kesehatan badan berbentuk seperti buah pir memiliki kadar lemak viseranya lebih sedikit daripada pemilik tubuh bentuk apel.

Lemak visera sendiri merupakan lemak yang mengelilingi organ di bawah perut. Tentu saja memiliki proporsi badan seperti ini harus memperhatikan pemilihan pakaian agar penampilan terlihat menarik.

Proposi tubuh berbentuk pir

Outfit yang Cocok untuk Pemilik Tubuh Berbentuk Pir

Wanita yang memiliki tipe tubuh seperti buah pir ini tentu harus memperhatikan beberapa hal dalam memilih pakaian. Pemilihan outfit yang cocok akan membuat proporsi tubuh lebih seimbang dan semakin terlihat menawan. Berikut tips dalam memilih outfit yang cocok untuk tubuh yang memiliki tipe seperti buah pir.

1. Baju untuk Body Pear

Menggunakan atasan yang mengerut di bagian pinggang. Atasan dengan model ini akan akan membuat pinggang terlihat semakin ramping. Selain itu, atasan yang ini akan menambah volume di bagian bahu. Adapun atasan yang dapat menonjolkan bentuk pinggang, yaitu pilihan atasan dengan corak yang lebih menonjol. Gunakan atasan yang memiliki V neck.

2. Celana Boot Cut

Jika ingin memakai jeans, maka pilihlah yang tepat untuk jenis ini adalah jeans boot cut dengan potongan lurus, tetapi bagian bawah tidak rendah. Selain itu, perlu memperhatikan letak bagian kantung yang berbentuk bundar.

Potongan celana boot akan membuat proporsi tubuh bagian pinggang seimbang dengan bagian bawah sehingga menciptakan ilusi kaki yang lebih panjang. Celana boot cut juga akan membantu menyembunyikan bagian pinggang yang terlihat besar.

3. Rok Line-A yang Cocok untuk Tipe Tubuh Pir

Pilihlah rok yang membentuk line-A. Pemilihan rok line-A akan membuat pinggul terlihat lebih kecil sehingga proporsi tubuh akan lebih menarik. Rok ini juga membantu menyembunyikan pinggul yang terlihat besar yang akan berefek pada keseimbangan bentuk tubuh. Seperti namanya rok ini cenderung melebar di bagian bawahnya layaknya huruf A.

4. Gaun/Dress

Gaun yang cocok untuk tubuh dengan proporsi seperti buah pir, yaitu dengan memilih gaun melambai di bagian bawah untuk menutup area yang terlihat lebih besar. Gaun yang memiliki bentuk seperti tunik akan terlihat pas jika digunakan oleh tubuh berbentuk pir. Selain itu, gunakan gaun yang lebih menonjolkan area pundak.

5. Aksesori

Aksesori yang cocok dikenakan oleh tubuh berbentuk pir, yaitu memberi sentuhan pelengkap yang menonjolkan tubuh di bagian atas seperti kalung. Penambahan aksen ini berguna untuk menonjolkan tubuh bagian atas sehingga tubuh memiliki kesan yang lebih seimbang.

Outfit yang Harus Dihindari Pemilik Tubuh Pir

Source: Pinterest

Wanita yang memiliki bentuk tubuh ini  sebaiknya menghindari hal-hal berikut.

  1. Pakaian yang menonjolkan pinggulnya, misal penggunaan bawahan celana ketat dan mengecil ke bawah, seperti celana jeans, aksesori yang menonjolkan bentuk panggul, dan penggunaan warna terang di bagian bawah.
  2. Celana dengan kantung kanan dan kiri. Hindari pakaian crop jaket karena akan membuat pinggul semakin lebar dan proporsi tubuh yang semakin terlihat tidak seimbang.

Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Body Pear

Masing-masing bentuk tubuh pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Kelebihan seseorang yang memiliki bentuk tubuh pir, antara lain: pinggul yang lebar dapat memudahkan dalam memilih bawahan jenis rok karena pilihan rok yang banyak khususnya untuk rok line-A. Namun, tubuh seperti ini juga harus memperhatikan potongan dari rok yang dipilih. Memiliki proporsi yang pas di bagian pinggang, yaitu ukuran pinggang yang lebih kecil dari pada tipe tubuh lainnya.

Selain keuntungan, body shape ini juga memiliki kekurangan. Berikut kekurangan pemilik tubuh berbentuk buah pir.

  1. Sulit menentukan pakaian yang pas. Tubuh berbentuk pir biasanya akan kesulitan dalam memilih celana yang pas. Pemilihan celana yang sulit akibat dari proporsi pinggul yang besar sedangkan bagian bawah yang lebih kecil. Contohnya, saat celana pas di bagian bawah, tetapi terlalu kecil di bagian pinggangnya.
  2. Kesulitan dalam menyamarkan tubuh bagian bawah. Tubuh lebih lebar di bagian bawah khususnya pinggul menjadi fokus perhatian sehingga membuat sebagian wanita bertubuh pir merasa tidak nyaman.

Penulis: Aulia Rahma | Editor: Aini Zulfa Izza