Korean Make Up Natural Ala Seulgi Red Velvet: Berikut Tipsnya!

WhatsApp Image 2024-06-24 at 02.34.55

Budaya Korea kini menjamur di berbagai kalangan, khususnya bagi kalangan wanita. Penyebaran budaya Korea meliputi, K-pop, K-drama, Film, maupun Kecantikan. Idol K-pop dapat menjadi panutan dalam memilih mode fashion, mulai dari pakaian hingga make up yang digunakan. Make up sudah menjadi kebutuhan dasar bagi kaum wanita. Korean makeup look menjadi salah satu tren yang sedang hype saat ini, make up ala Korea ini menjadi salah satu alternatif untuk tampil natural. Pengaplikasian make up Korea biasanya tidak terlalu tebal. Namun, walaupun begitu, riasan wajah ala idol ini akan membuat kulit wajah terlihat glowing dan flawless. Sehingga, banyak wanita menggunakan riasan wajah Korea dalam sehari-hari. Korean look menekankan pada riasan yang sederhana yang cocok bagi pemula. Beberapa idol sering kali menonjolkan make up yang seperti ini.

Source: Freepik

 

Korean Make Up Look Ala Seulgi Red velvet

Korean Make Up Natural
Instagram: hi_sseulgi

Salah satu idol yang menjadi panutan dalam riasan wajah, yiatu Seulgi Red Velvet. Member girl group Red Velvet ini sering kali tampil dengan riasan yang natural. Tampilan natural dan segar yang ditonjolkan Seulgi terlihat di berbagai acara santai, seperti wawancara dan konten media sosial. Seulgi menciptakan riasan yang lebih alami sehingga lebih terlihat menyegarkan dan memesona. Dalam riasannya, Seulgi memakai foundation yang lebih ringan sehingga menampilkan kulit yang bersih dan sehat. Seulgi juga membuat alis yang alami dan lembut sesuai dengan gaya make up yang minimalis.

Penciptaan make up yang natural juga terlihat pada mata Seulgi. Riasan mata yang Seulgi cenderung menggunakan warna netral, seperti cokelat muda atau nude sehingga membuat tampilan tidak berlebihan. Untuk menyempurnakan riasan mata, Seulgi menggunakan eyeliner yang tidak terlalu tebal.

Selain itu, Seulgi menggunakan blush on yang berwarna tidak terlalu mencolok yang memberi kesan sehat dan cerah. Untuk menampilkan wajah yang semakin segar, Seulgi memberi warna bibir yang lebih seperti pink dan nude. Tampilan make up Korea ala Seulgi ini dapat menjadi pilihan untuk tampil natural, segar, dan lebih cerah.

Tips Korean Make Up Look Natural

Agar Korean make up look terlihat natural, seperti Seulgi Red Velvet. Berikut beberapa langkah untuk menciptakan riasan yang lebih segar.

1. Bersihkan Wajah

Sebelum menggunakan make up, pastikan bahwa wajah sudah bersih. Gunakan toner untuk menyeimbangkan wajah, kemudian aplikasikan moisturizer yang mudah menyerap ke dalam kulit dan melembapkan. Terakhir, gunakan tabir surya yang sesuai dengan kulit.

2. Base Make Up

Pilihlah base make up yang sesuai serta membuat kulit tampak lembap dan cerah dengan bahan yang lebih ringan. Adapun beberapa jenis base make up yang cocok digunakan untuk membuat Korean make up look, yaitu BB cream, CC cream, Cushion, Tinted Moisturizer.

Pemilihan base make up disesuaikan dengan kondisi wajah apakah butuh coverage yang lebih banyak atau tidak. Aplikasikan sedikit demi sedikit base make up ke wajah menggunakan kuas dengan menepuk dan mengusap secara perlahan agar tampak lebih cerah. Gunakan concealer untuk menutupi beberapa bagian wajah yang berjerawat. Selain itu gunakan concealer di bagian kantung mata agar tidak terlihat hitam. Aplikasikan concealer menggunakan jari, kuas kecil, ataupun spons secara merata.

3. Contouring

Pakailah contour powder dari sisi kanan dan kiri hidung untuk memberikan efek mancung. Jika hidung lebih tebal di bagian ujung dan sempit di bagian pangkal hidung, maka aplikasikan kontur dari pangkal ke ujung. Kemudian beri concealer pada pangkal hidung dan ujung hidung.

4. Alis

Dalam merias wajah ala make up Korea, perlu memperhatikan alis yang lebih alami. Pertama alis disikat menggunakan sikat khusus agar lebih rapi, bingkai alis sesuai dengan bentuk wajah menggunakan pensil alis yang sesuai, lalu isi alis secara perlahan dan perhatikan tekstur alis.

5. Eyesadow

Korean make up natural juga dapat dipengaruhi oleh pemilihan eyeshadow yang digunakan. Untuk mendapatkan look yang natural ala Seulgi, pilihlah warna yang tidak terlalu mencolok dan terlihat lembut, seperti warna krem sebagai base. Aplikasikan pada seluruh kelopak mata menggunakan brush yang sesuai. Setelah itu rias bagian lipatan mata menggunakan color palette yang lebih gelap dengan aksen shimmer. Gunakan pada sudut kelopak mata hingga depan dan bawah mata.

6. Bulu Mata

Setelah riasan mata selesai, waktunya membuat bulu mata terlihat lebih panjang. Agar bulu mata terlihat panjang natural, gunakan eyelash curler. Jika masih pemula, lebih baik menggunakan maskara tanpa memasangkan bulu mata, tetapi jika ingin memasangkan bulu mata, pasanglah satu-persatu agar memberi efek yang lebih natural.

7. Blush On

Make up Korea biasanya juga memperhatikan blush on. Perona pipi ini juga akan memberikan efek pada make up. Untuk look yang lebih natural, pilih warna blush on yang sesuai dengan make up. Sebelum mengaplikasikan blush on pada pipi, tepukkan pada tangan terlebih dahulu agar tidak menggumpal. Trik yang dapat dilakukan, yaitu bentuk L menggunakan jari telunjuk dan jempol. Kemudian aplikasikan blush on di area dekat hidung ke arah pipi yang lebih tinggi.

8. Bibir

Langkah terakhir untuk menyempurnakan make up yang lebih natural, yaitu memberi warna pada bibir. Sebelum menggunakan produk pewarna, gunakan lip balm agar bibir tetap lembap. Untuk memberi kesan yang natural gunakan warna cerah natural, seperti peach atau menggunakan referensi warna nude yang Seulgi gunakan dalam make up-nya. Pengaplikasian bisa menggunakan satu warna atau bisa mencampurkan dua warna dengan membuat ombre pada bibir.

Penulis: Aulia Rahma    | Editor: Tiara Rahmayanti