Fashion Berkain: Inspirasi Outfit Berkain yang Kece dan Elegan

WhatsApp Image 2024-06-30 at 20.52.59(1)

Berkain merupakan sebuah gerakan fashion di Indonesia, yang berupaya untuk membiasakan kembali penggunaan kain tradisional seperti batik atau tenun. Gaya penggunaan kain ini biasanya merupakan perpaduan antara kain tradisional dengan pakaian dan aksesoris modern yang kemudian digunakan sebagai pakaian sehari-hari.

Beberapa tahun belakangan, pemuda Indonesia sedang ramai  menggaungkan gaya fashion berkain. Para public figure dan seniman pun turut menggaungkan mode fashion berkain ini pada laman media sosial pribadinya. Tren berkain ini  memiliki dampak positif bagi sektor budaya karena dapat meningkatkan awareness para pemuda terhadap keragaman kain tradisional Indonesia. Langkah ini merupakan salah satu bentuk dari kecintaan kepada tanah air dan sebagai upaya pelestarian kebudayaan Indones

Dengan banyaknya warna dan jenis kain tradisional Indonesia, kita dapat memadu padankan hal tersebut menjadi outfit yang kece dan elegan loh!

Inspirasi Outfit Fashion Berkain untuk Wanita

1. Fashion Berkain Wanita yang Elegan

Atasan crop top dan outer lengan pendek dengan bawahan kain lilit
sumber; Pinterest @Naesltd___

Yang pertama, kamu dapat menggunakan crop top dan outer lengan pendek untuk pakaian bagian atas. Lalu untuk bagian bawah menggunakan kain lilit.

2. Fashion Berkain Wanita, Hijab Friendly!

Atasan kaos berwarna putih dan kemeja putih yang dijadikan outer, dengan bawahan kain lilit.
sumber: pinterest @athieeraa

Selanjutnya, kamu dapat menggunakan kaus berwarna putih sebagai dalaman, lalu menambahkan kemeja sebagai outer untuk bagian atas dan menggunakan kain lilit untuk bagian bawah.

3. Fashion Berkain Wanita yang Cocok untuk Hang Out

Fashion berkain untuk wanitaGambar bagian kiri: Kemeja brokat tanpa lengan dan kain lilit. Gambar bagian tengah: Kain digunakan hingga ke atas dada, lalu menggunakan outer lengan panjang. Bagian kanan: Kemeja tanpa lengan dan kain lilit.
sumber: pinterest @agathafedoraa

Inspirasi outfit berkain kali ini cocok untuk hang out, loh! Kamu dapat memadukan kemeja brokat tanpa lengan dengan kain lilit, atau kemeja tanpa lengan dengan kain lilit dan ikat pinggang. Atau, kamu bisa menggunakan kain lilit hingga ke atas dada, lalu memadukannya dengan outer.

Inspirasi Outfit Fashion Berkain untuk Pria

1. Berkain untuk Pria

Fashion berkain untuk pria dapat menggunakan kemeja berwarna putih sebagai pakaian bagian atas, lalu menggunakan kain lilit untuk pakaian bagian bawah.
sumber: pinterest @cilsty

Bagi para pria yang ingin berkain, kamu bisa menggunakan kain lilit untuk pakaian bagian bawah, loh! Kamu juga dapat menambahkan kain kecil untuk diikat di pinggang sebagai ornamen tambahan. Sedangkan untuk bagian atas, kamu dapat menggunakan baju kemeja lengan panjang.

2. Berkain untuk Pria

Pria berkain
sumber: pinterest @lookinken

Pada outfit kali ini, kamu dapat menggunakan kemeja lengan panjang dan kain lilit. Kemudian, kamu juga dapat menggunakan jaket atau jas.

Karena Indonesia memiliki berbagai macam jenis kain dengan motif dan warna yang berbeda-beda, kamu mungkin memerlukan rekomendasi utuk memilih jenis kain apa yang harus kamu gunakan saat berkain.

Yuk, simak tulisan di bawah ini untuk mengetahui jenis kain yang dapat kamu gunakan saat berkain!

Berbagai Macam Jenis Kain untuk Outfit Berkain

1. Batik Tulis

Batik tulis merupakan batik yang proses pembuatannya manual, dengan menggunakan tangan dan alat bantu canting untuk menerakan malam pada corak batik. Teknik pembuatan batik tulis merupakan metode pembuatan batik yang paling tua dan tradisional. Karenakan proses pembuatannya yang manual, motif batik yang dihasilkan tidak akan sama persis.

2. Batik Cap

Berbeda dengan metode pembuatan batik tulis, metode pembuatan batik cap adalah dengan menggunakan cap atau semacam stempel motif batik yang terbuat dari tembaga. Jenis batik yang satu ini biasanya diproduksi secara masal dengan harga yang lebih murah untuk memenuhi pasar. Karena dibuat dalam jumlah banyak, maka kamu dapat menemukan batik jenis ini dalam berbagai warna dan corak yang sama.

3. Batik Lukis

Selain batik tulis dan batik cap, ada juga batik lukis. Metode pembuatan batik lukis adalah dengan melukiskan motif menggunakan malam atau lilin pada kain putih.

Pembuatan motif batik lukis tidak terpaku pada pakem motif batik yang ada, biasanya motif batik ini sesuai dengan keinginan sang pelukis, tetapi motif juga bisa berdasarkan pesanan pembeli.

4. Batik Pecinaan

Jenis batik yang keempat adalah batik pecinaan. Batik pecinaan ini awal mulanya dibuat oleh keturunan dari para perantau Cina di Indonesia. Biasanya mereka memproduksi batik pecinaan untuk komunitas sendiri dan diperdagangkan. Batik pecinaan memiliki warna yang cukup variatif dan cerah.

Dalam selembar kain, mereka dapat menampilkan bermacam-macam warna. Penggunaan motifnya pun banyak mengandung unsur budaya Cina, seperti motif burung huk (merak) dan naga. Selain itu, pola batik pecinaan lebih rumit dan halus.

5. Batik Jumputan

Jenis kain yang kelima adalah batik jumputan. Batik jumputan adalah suatu batik yang proses pembuatannya adalah dengan cara ikat celup, yaitu dengan mengikat kain dan mencelupkannya ke dalam pewarna. Kain jenis ini juga memiliki berbagai macam warna dan motif.

Kamu dapat mengkreasikan sendiri outfit berkainmu dengan referensi outfit dan kain yang sudah ada, tanpa perlu terpaku dengan satu referensi outfit berkain.

Selamat berkreasi dengan outfit berkain dan tunjukkan dirimu dengan outfit berkain terbaik versi kamu!

Baca juga: Korean Make Up Natural Ala Seulgi Red Velvet: Berikut Tipsnya!

 

Penulis: Yasmin Fadila Dyandari | Editor: Tiara Rahmayanti