Infused Water Alami, Resep Ampuh Hilangkan Dehidrasi

WhatsApp Image 2024-06-24 at 01.41.21

Infused water alami harus terbuat dari bahan-bahan alami, seperti potongan buah-buahan, sayuran, bisa dengan rempah-rempah. Infused water alami memiliki banyak manfaat yang dapat menurunkan berat badan, mengeluarkan racun tubuh, ataupun dapat meningkatkan energi. Bagi kamu yang kurang menyukai air putih biasa, air infus alami dapat menjadi pilihan. Air ini memberikan rasa yang alami karena berasal dari buah-buahan.

Infused water, seperti makanan sehat yang dapat bermanfaat bagi tubuh. Beraktivitas sepanjang hari seperti bekerja, bepergian jauh, atau berolahraga tentunya sangat menguras energi dan membuat dehidrasi. Energi yang terkuras membuat tubuh menjadi lemas. Lemas yang muncul menyebabkan semakin kurang konsentrasi bahkan menjadi malas untuk berkegiatan. Infused water atau air infus yang alami tentu mampu mengurangi rasa lemas, menghilangkan dehidrasi dan menambah kembali energi yang telah hilang.

Tips Infused Water Alami
sumber: unsplash.com

 

Resep Infused Water Alami

1. Infused Water Lemon

Resep Infused Water Alami dari Lemon
sumber: freepik.com

Lemon sangat populer untuk dijadikan sebagai infused water. Lemon mengandung banyak vitamin C. Buah lemon menjadi sangat bermanfaat untuk kesehatan saat dikonsumsi secara rutin.

Cara membuat infused water dari lemon yang pertama adalah mempersiapkan bahan seperti 1-2 lemon, daun mint, dan 500ml air minum. Mencuci lemon hingga bersih, lalu iris menjadi beberapa bagian, bisa juga dengan mengupas kulitnya, masukan ke botol berisi air dan tutup rapat, setelah itu simpan 2-4 jam. Infused water sudah siap untuk dikonsumsi.

2. Infused Water  Timun

Minuman infus dari timun
sumber: freepik.com

Timun menjadi buah yang sangat mudah ditemukan. Timun memiliki rasa yang menyegarkan, bahkan mendukung menyehatkan. Rendah kalori dan mengandung banyak vitamin menjadi kelebihan timun. Vitamin K melengkapi kandungan yang ada di timun.

Cara membuat infused water dari timun tentunya menyiapkan 1 buah timun, daun mint, 500ml air minum. Cuci timun dan mint serta potong menjadi beberapa irisan, lalu masukan ke dalam botol berisi air minum, setelah itu tunggu sekitar 2-4 jam. Infused water ini sudah bisa dinikmati.

3. Infused Water Stroberi

infused water stroberi
sumber: freepik.com

Stroberi menjadi buah favorit banyak orang.  Rasanya yang terkadang manis bercampur asam membuatnya menyegarkan. Stroberi mengandung vitamin, serat, bahkan antioksidan yang tinggi.

Membuat infused water dari stroberi harus menyiapkan terlebih dahulu 3 buah stroberi, 500ml air minum. Cuci stroberi sampai bersih, lalu iris atau potong menjadi beberapa bagian dan masukan ke dalam botol berisi air minum, setelah itu tunggu beberapa jam atau semalaman. Beberapa jam berlalu dan infused water sangat siap untuk dikonsumsi.

4. Infused Water Jeruk Nipis

infused water alami
sumber: freepik.com

Resep infused water alami selanjutnya adalah dari jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung banyak sekali vitamin A, B, C dan D sekaligus. Buah ini juga mengandung nutrisi penting seperti kalsium kalium dan magnesium.

Bahan untuk membuat infused water jeruk nipis cukup 2 buah, setengah sendok madu untuk penghilang pahit, daun mint, dan 500ml air minum. Cuci bersih bahan-bahan, potong menjadi beberapa bagian, masukan bahan ke dalam botol berisi air minum, lalu cukup tunggu sekitar 1-3 jam. Jerup nipis yang jadi infused water siap untuk melengkapi keseharianmu.

5. Infused Water Jeruk

Minuman penghilang dehidrasi
sumber: freepik.com

Resep terakhir, yaitu menggunakan buah jeruk. Jeruk sangat sehat untuk pencernaan dan mengurangi risiko diabetes. Jeruk mengandung banyak vitamin C sehingga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Pembuatan infused water dari jeruk tentunya harus mempersiapkan irisan jeruk, 1-2 tangkai mint, dan 500ml air minum. Iris buah mangga dan mint menjadi ukuran secukupnya, lalu masukan ke dalam botol berisi air minum dan tunggu kisaran 3-4 jam. Infused water jeruk sangat siap untuk menemanimu dalam beraktivitas.

Resep yang ada tidak terlalu terpaku, bahkan bisa kamu kombinasikan beberapa buah-buahan menjadi satu infused water. Sayuran dan rempah-rempah pun bisa menjadi opsi untuk kamu tambahkan sebagai tambahan nutrisi ataupun perasa. Resep infused water alami mampu menyegarkan tubuh saat lelah sehabis bekerja, beraktivitas, ataupun berolahraga.

 

Penulis: Teddy Adhitya   | Editor: Ryan Nugraha