Igari Makeup Merupakan Gaya Riasan yang Berasal dari Jepang

WhatsApp Image 2024-06-18 at 00.58.08

Igari makeup, juga dikenal sebagai “hangover makeup” atau “drunk blush” adalah salah satu tren kecantikan dari Jepang yang telah mencuri perhatian banyak pecinta makeup di seluruh dunia. Gaya riasan ini terkenal dengan tampilan yang segar, muda, dan sedikit malu-malu, seolah-olah seseorang baru saja keluar dari pesta dengan pipi yang memerah. Nama “Igari” berasal dari Shinobu Igari, seorang makeup artist Jepang yang mempopulerkan gaya ini. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang apa itu Igari makeup, bagaimana cara menerapkannya, serta tips dan trik untuk mendapatkan tampilan yang sempurna.

igari makeup
source : fimela

Sejarah dan Asal-usul Igari Makeup

Igari makeup pertama kali menjadi populer di Jepang pada pertengahan tahun 2010-an. Shinobu Igari, seorang makeup artist terkenal di Jepang, menciptakan dan mempopulerkan gaya riasan ini. Makeup ini terinspirasi oleh tampilan yang terlihat natural dan sedikit “berantakan”, seolah-olah seseorang baru saja selesai minum sedikit alkohol dan pipi mereka memerah. Efek ini memberikan kesan yang menggemaskan, muda, dan alami.

Igari makeup kemudian dengan cepat menyebar dari Jepang ke negara-negara Asia lainnya, dan akhirnya mencapai popularitas global berkat media sosial dan komunitas kecantikan online. Banyak beauty vlogger dan influencer mulai bereksperimen dengan gaya ini dan membagikan tutorial mereka di platform, seperti YouTube dan Instagram, membuat Igari makeup semakin dikenal dan dicintai.

Ciri Khas

Igari makeup memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dari gaya riasan lainnya.

  1. Pipi Merona di Bawah Mata

Ciri paling khas dari Igari makeup adalah blush on yang diaplikasikan di bawah mata, meluas hingga ke bagian atas pipi. Blush on ini biasanya berwarna pink atau coral untuk memberikan tampilan yang segar dan muda.

  1. Flawless dan Dewy

Kulit yang tampak sehat dan bercahaya adalah kunci dari Igari makeup. Penggunaan foundation atau BB cream yang ringan dengan hasil akhir dewy sangat dianjurkan untuk menciptakan tampilan kulit yang segar dan alami.

  1. Alis yang Lembut dan Natural

Alis dalam Igari makeup biasanya dibuat lebih natural dan lembut, tidak terlalu tebal atau terlalu tajam. Hal ini untuk menjaga kesan wajah yang innocent dan muda.

  1. Bibir yang Lembut dan Glossy

Bibir dengan warna alami, seperti pink atau nude yang diberi sedikit lip gloss adalah pilihan yang umum dalam Igari makeup. Hal ini untuk melengkapi tampilan yang keseluruhan segar dan berembun.

  1. Mata yang Natural

Riasan mata dalam Igari makeup biasanya sederhana dan tidak terlalu dramatis. Eyeshadow berwarna natural, eyeliner tipis, dan maskara cukup untuk memberikan efek mata yang lebih besar, tetapi tetap lembut.

Langkah-langkah Menerapkan Igari Makeup

Berikut adalah langkah-langkah untuk mendapatkan tampilan Igari makeup yang sempurna:

  1. Persiapan Kulit Langkah. Pertama dalam setiap aplikasi makeup adalah mempersiapkan kulit. Pastikan kulitmu bersih dan terhidrasi dengan baik. Gunakan pelembap yang cocok dengan jenis kulitmu dan tunggu beberapa saat hingga meresap sempurna.
  2. Foundation dan Concealer. Gunakan foundation atau BB cream dengan coverage ringan hingga medium untuk menciptakan tampilan kulit yang flawless, tetapi tetap natural. Pilih produk dengan hasil akhir dewy untuk memberikan efek kulit yang sehat dan bercahaya. Gunakan concealer untuk menutupi lingkaran hitam di bawah mata atau noda pada wajah.
  3. Blush On. Aplikasikan blush on berwarna pink atau coral di bawah mata, meluas ke bagian atas pipi. Gunakan brush kecil atau jari untuk mengaplikasikan blush on secara perlahan, membaurkan warna dengan baik agar terlihat alami. Blush on yang diaplikasikan di area ini akan memberikan efek pipi merona yang menjadi ciri khas dari makeup ini.
  4. Riasan Mata. Untuk riasan mata, pilih eyeshadow dengan warna-warna natural, seperti beige, cokelat muda, atau peach. Aplikasikan eyeshadow dengan lembut pada kelopak mata. Gunakan eyeliner tipis di sepanjang garis bulu mata untuk memberikan definisi pada mata tanpa terlihat terlalu berat. Selesaikan dengan maskara untuk memberikan volume dan panjang pada bulu mata.
  5. Alis. Bentuk alis dengan lembut menggunakan pensil alis atau powder. Hindari bentuk alis yang terlalu tajam atau tebal, tujuannya adalah untuk menciptakan tampilan alis yang natural dan lembut.
  6. Bibir. Aplikasikan lip tint atau lip gloss berwarna pink atau nude untuk bibir. Pilih produk yang memberikan sedikit kilau untuk melengkapi tampilan dewy secara keseluruhan.
  7. Finishing Touch. Untuk sentuhan akhir, semprotkan setting spray dengan hasil akhir dewy untuk mengunci makeup dan memberikan efek kulit yang sehat dan bercahaya.

Tips dan Trik Igari Makeup

  1. Gunakan Produk dengan Tekstur Cream atau Liquid

Produk dengan tekstur cream atau liquid lebih memberikan hasil akhir yang lebih alami daripada produk powder.

  1. Blending adalah Kunci

Pastikan untuk membaurkan semua produk dengan baik, terutama blush on, agar tidak terlihat bercak-bercak dan memberikan hasil yang natural.

  1. Eksperimen dengan Warna

Meskipun pink dan coral adalah warna yang umum, jangan takut untuk bereksperimen dengan warna blush on lainnya yang sesuai dengan tone kulitmu.

  1. Pilih Produk yang Memberikan Efek Dewy

Efek kulit yang bercahaya dan sehat adalah salah satu kunci utama dari makeup ini, jadi pilih produk-produk yang memberikan hasil akhir dewy.

Igari Makeup dalam Budaya Populer

Makeup ini tidak hanya populer di kalangan pecinta makeup biasa, tetapi juga di kalangan selebriti dan idol K-Pop. Banyak idol dan aktris Jepang serta Korea yang terlihat memakai gaya riasan ini dalam berbagai kesempatan, mulai dari pemotretan majalah hingga acara televisi. Hal ini semakin mendorong popularitas makeup ini di seluruh dunia.

Kesimpulan

Makeup ini adalah gaya riasan yang menawarkan tampilan segar, muda, dan menggemaskan. Dengan ciri khas blush on di bawah mata, kulit yang dewy, dan riasan yang natural, makeup ini berhasil mencuri perhatian banyak orang. Gaya ini mudah dan cocok untuk berbagai kesempatan, dari pemakaian sehari-hari hingga acara spesial. Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips makeup ini, siapa pun bisa mencoba dan menikmati tampilan yang memesona ini.

Tren makeup lainnya yang bisa Anda coba, yaitu tren makeup Asoka, kunjungi artikel berikut ini!

 

Penulis: Natasya  | Editor: Tiara Rahmayanti