Eksplorasi Gaya Rambut Hime Cut

Source: jektvnews.disway.id/

Gaya rambut merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh perempuan maupun laki-laki. Gaya rambut seseorang akan sangat memengaruhi bagiamana penampilannya. Saat ini gaya rambut sudah selayaknya kebutuhan fashion bagi sebagian orang. Berbagai jenis potongan rambut kini mulai popular dengan ciri khas masing-masing, salah satu potongan yang tengah tren di kalangan para pemuda, yaitu gaya rambut hime cut

Gaya rambut hime cut atau potongan putri ini, menjadi kian popular berkat penampilan salan satu aktris K-Drama, yaitu Bae Suzy. Aktris Bae Suzy tampil di drama “Doona!” dengan potongan rambut hime cut. Selain itu banyak aktris atau idol korea yang juga tampil dengan gaya hime cut. Menariknya gaya rambut ini bukan berasal dari negeri gingseng, melainkan dari negara Jepang.

Gaya Rambut Hime Cut
Source: Pinteres

Awal mula hime cut muncul, yaitu pada tahun (794-1185M). Pada periode ini wanita bangsawan di Jepang memanjangkan rambutnya dan akan memotong bagian depan rambut jika sudah berusia 16 tahun. Ritual ini merupakan bagian dari rangkaian upacara Bonsogi. Upacara ini bertujuan untuk mempertingati kedewasaan mereka. Biasanya mereka akan memotong rambut di bagian dahi, pipi, atau bahu untuk menambah kesan glamor. Idol Jepang bernama Megumi Asoka yang kali pertama mempopulerkan potongan rambut hime di Jepang.

Seperti Apa Gaya Rambut Hime Cut?

Gaya rambut hime cut
Source: Pinterest mytourn.vn

Potongan hime merupakan potongan dengan rambut pendek di kanan dan kiri. Namun, potongan pendek ini hanya terlihat pendek saat dilihat dari sisi depan dan samping karena gaya rambut hime biasanya akan lebih panjang di bagian belakang. Potongan pendek di bagian kiri dan kanan inilah yang menjadi ciri khas dari hime cut.

Panjang rambut kanan dan kiri hanya sebatas pada dagu sehingga dapat membingkai wajah dan menciptakan kesan yang lebih tirus. Dalam menata gaya rambut ini, kalian dapat mengombinasikannya dengan poni menutup dahi yang panjangnya tepat di atas alis. Biasanya stylish akan membuat rambut gaya hime cut menjadi lurus. Potongan hime juga memberi kesan layer pada rambut.

Cara Memotong Rambut Hime Tanpa ke Salon

Kalian bisa memotong rambut gaya hime di rumah. Sebelum memotong rambut dengan gaya hime. Kalian harus mempersiapkan alat untuk memotongnya. Tentu saja hal pertama, yaitu mempersiapkan gunting. Pastikan gunting yang digunakan tajam. Selain gunting, perlu air untuk membasahi rambut, masukkan air ke dalam botol spray. Ikuti langkah berikut untuk memperoleh gaya hime cut.

cara memotong rambut hime
Source: Youtube.com

1. Ambil rambut bagian depan

Pastikan saat mengambil rambut bagian depan membentuk segitiga serta garis kepala lurus dengan telinga. Perhatikan garis kepala yang memisahkan bagian rambut belakang dengan bagian depan. Cara memisahkannya, sisir rambut ke arah depan menutupi wajah. Ikat rambut belakang agar helaian rambut tidak ikut terpotong.

2. Basahi Rambut

Ambil air yang ada di botol untuk membasahi rambut. Semprotkan sedikit demi sedikit ke arah rambut yang akan dipotong.

3. Membuat Hime Cut dengan poni

Untuk membuat poni, pisahkan rambut depan membentuk segitiga yang lebih kecil. Sisihkan rambut yang akan dibuat hime menggunakan penjepit rambut. Potong poni tepat di atas alis, tetapi jika menginginkan poni yang lebih panjang bisa melakukan pemotongan poni hingga di bawah mata agar tidak menutup potongan hime.

Setelah memotong poni, ambil sisi kanan atau sisi kiri rambut terlebih dahulu untuk membuat hime cut. Luruskan dengan dagu. Mulailah memotong poni dari belakang menuju depan dagu. Untuk membuat hime, kalian bisa menyesuaikan potongan dengan rahang. Bisa juga dengan memotongnya secara lurus dari depan ke belakang.

4. Membuat Hime Cut Tanpa Poni

Jika tidak menginginkan poni pada potongan hime, sisir rambut menutup wajah lalu belah menjadi dua. Setelah mendapat sisi kiri dan sisi kanan, luruskan dengan dagu. Kemudian potong dari depan ke arah belakang.

5. Mencatok Potongan Hime

Setelah mendapatkan potongan hime, langkah terakhir, yaitu dengan meluruskan rambut menggunakan catok. Sebelum menggunakan catok, pastikan rambut telah kering terlebih dahulu.

Cara Merawat Rambut Hime Cut

Source: tirto.id

Setelah memotong rambut dengan gaya hime cut, kalian perlu mengetahui tips untuk merawat rambut hime. Perawatan ini perlu agar potongan hime tidak menghilang. Selain itu perlu mempertahankan rambut yang lurus pada potongannya.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan, karena setiap rambut memiliki tekstur tersendiri. Apabila pemilik rambut dengan potongan hime sudah lurus, maka hanya perlu melakukan pemotongan rambut di waktu tertentu, entah itu dalam satu minggu sekali atau satu bulan sekali. Pemangkasan rambut ini bertujuan untuk mempertahankan potongan hime. Sedangkan untuk rambut bertekstur keriting atau bergelombang, maka perlu perawatan tambahan.

Perawatan rambut bertujuan agar rambut tetap lurus tanpa rusak. Caranya menggunakan vitamin atau masker rambut minimal satu minggu sekali. Pemakaian ini bertujuan untuk membuat rambut tetap ternutrisi.

Penulis: Aulia Rahma | Editor: Aini Zulfa Izza