Cara Mengatasi Wajah yang Tidak Cocok Skincare

cara mengatasi wajah tidak cocok skincare

Teens, kamu pastinya tidak asing dengan produk skincare yang menawarkan solusi sempurna untuk mengatasi masalah kulitmu atau hanya sekedar perawatan. Namun, ironisnya terkadang produk-produk tersebut justru menjadi pemicu dan memberikan reaksi yang berkebalikan. Pernahkah kamu mengalami kulit yang kemerahan, iritasi atau gatal-gatal, berjerawat, bahkan kulit terasa terbakar? Nah, ini pertanda bahwa produk skincare yang kamu gunakan tidak cocok dengan kulitmu. Fenoma ini di kenal dengan “reaksi kulit”. Bagaimana cara mengatasi wajah yang tidak cocok skincare? Berikut penjelasannya.

cara mengatasi wajah tidak cocok skincare
Source : Pinterest/vecteezy

Ciri-ciri Skincare yang Tidak Cocok di Kulit Wajah

Ciri-ciri skincare yang tidak cocok di kulit wajah dapat bervariasi tergantung pada sensitivitas dan reaksi kulit masing-masing individu. Berikut beberapa ciri umum yang menandakan bahwa skincare tidak cocok di kulit wajah yang perlu kamu ketahui.

1. Iritasi

Kulit wajah terasa gatal, panas, atau kemerahan setelah penggunaan produk skincare tertentu. Jika kamu mengalami iritasi pada kulit wajah, segera hentikan penggunaan produk skincare tersebut.

Penyebab iritasi kulit wajah akibat tidak cocok skincare sangat bervariasi. Pertama, bahan kimia yang terkandung dalam produk skincare menjadi pemicu iritasi, seperti pewangi, paraben, alkohol, dan lainnya. Selain itu, reaksi alergi juga menjadi penyebab iritasi dikarenakan bahan tertentu yang terkandung dalam produk skincare terutama bagi kamu yang memiliki riwayat alergi atau kulit sensitif.

2. Timbul Jerawat Breakout

Selain iritasi, kulit wajah yang tidak cocok skincare akan menimbulkan jerawat breakout. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu produk skincare yang kamu gunakan mengandung bahan-bahan yang terlalu berat atau komedogenik yang menyebabkan penumpukan minyak, penyumbatan pori-pori, dan peradangan kulit.

Selain itu, reaksi alergi juga menjadi penyebab jerawat breakoutNah, penting buat kamu untuk memilih produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit wajah kamu.

3. Kulit Kering atau Mengelupas

Kulit wajah yang tidak cocok skincare dapat mengakibatkan kulit kering atau mengelupas. Produk skincare yang kamu gunakan mengandung bahan-bahan yang dapat mengeringkan kulit, seperti alkohol dan bahan keras lainnya.

Selain itu, penggunaan produk eksfoliasi yang terlalu agresif juga dapat menghilangkan lapisan kulit yang sehat dan mengakibatkan kulit menjadi kering bahkan mengelupas.

4. Muncul Ruam atau Bintik-bintik Merah

Penyebab munculnya ruam atau bintik merah pada wajah disebabkan oleh bahan-bahan yang terkandung pada produk skincare yang memicu iritasi atau alergi.

5. Peningkatan Sensitivitas Kulit

Penggunaan produk skincare yang terlalu keras dapat mengakibatkan kulit menjadi lebih sensitif.

Jadi, penyebab masalah kulit akibat ketidakcocokan penggunaan skincare yaitu bahan kimia dalam produk dan ketidaksesuaian produk dengan jenis kulit.

baca juga: Kenali Bintik Cokelat pada Wajah Anda

Cara Mengatasi Wajah yang Tidak Cocok Skincare

Source : Pinterest/besthealthmag

Mengatasi wajah yang tidak cocok skincare memerlukan pendekatan yang hati-hati dan terarah. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya, antara lain:

1. Hentikan Penggunaan Produk

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan ialah menghentikan penggunaan produk skincare yang menjadi penyebab reaksi negatif pada kulit dan memberikan waktu untuk kulitmu pulih dari iritasi yang terjadi.

2. Cuci Wajah dengan Lembut

Bersihkan wajahmu dengan menggunakan face wash yang lembut dan tidak mengandung bahan-bahan yang keras. Hal ini membantu membersihkan atau menghilangkan residu produk yang mungkin masih menempel di kulit wajahmu.

3. Gunakan Pelembap yang Cocok

Pilih pelembap yang cocok dengan jenis kulit kamu, terutama yang dirancang khusus untuk kulit sensitif. Manfaat penggunaan pelembap yaitu membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi risiko iritasi lebih lanjut.

4. Perhatikan Bahan-bahan dalam Produk

Sebelum menggunakan skincare, periksakan kembali bahan-bahan yang terkandung didalamnya. Hindari penggunaan produk yang mengandung bahan-bahan yang telah menyebabkan reaksi negatif pada kulit kamu sebelumnya.

5. Jaga Pola Makan dan Gaya Hidup Sehat

Pola makan yang sehat, tidur yang cukup, dan mengamalkan gaya hidup yang sehat dapat berkontribusi pada kesehatan kulit. Konsumsi makanan yang sehat seperti buah dan sayuran yang kaya nutrisi, konsumsi air yang cukup agar terhindar dari dehidrasi kulit, serta hindari stres dan kebiasaan yang buruk.

6. Konsultasi dengan Dokter

Jika reaksi negatif atau iritasi pada kulit tetap berlanjut, sebaiknya kamu segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan saran dan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi yang kamu alami.

Nah, setelah mengetahui permasalahan kulit wajah yang tidak cocok dengan penggunaan skincare dan pengambilan langkah-langkah yang tepat dalam mengatasi permasalahan tersebut. Penting untuk kamu dalam memilih produk skincare yang tepat dan sesuai dengan jenis kulitmu, hindari produk yang mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi. Selain itu, amalkan pola makan dan gaya hidup yang sehat agar kesehatan kulit terjaga secara menyeluruh.

Demikian, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika terjadi masalah yang serius.

Writer:  Alfi Hamduna | Editor: Wiartika Sisil Mukaromah

Baca juga : Cara Menjaga Kesehatan Kulit, Hindari 5 Kebiasaan Buruk Berikut!