Aurora Islandia, Cahaya Utara Dunia

Desain tanpa judul(1)

Aurora Islandia dinamakan Aurora Borealis yang kata auroranya diambil dari nama Dewi Fajar Romawi dan borealis berarti angin utara. Aurora Borealis memperlihatkan keindahan yang menakjubkan sehingga sering disebut cahaya utara yang berdansa di atas langit. Cahaya utara menampilkan beragam warna, tetapi warna yang paling sering muncul itu warna hijau muda dan pink.

Aurora Utara bisa terlihat di langit Alaska, Kanada dan Islandia. Islandia merupakan tempat terbaik untuk menyaksikan Aurora Borealis. Islandia mempertunjukan cahaya yang sangat indah sehingga menarik pengunjung dari berbagai belahan dunia hanya untuk menikmati cahaya yang menari.

Aurora borealis

Waktu Terbaik untuk Melihat Cahaya Utara di Islandia

Waktu terbaik untuk melihat aurora islandia ini bisa antara bulan September hingga akhir Maret pada saat malam hari. September hingga Maret merupakan mulai dan berakhirnya musim dingin di Islandia sehingga pada jangka waktu itu memiliki malam hari yang panjang dan berbeda dengan April hingga Agustus yang minim malam hari karena musim panas. Waktu yang paling optimal untuk melihat cahaya sekitar pukul 22.00—01.00, saat malam hari benar-benar sudah gelap.

Tidak ada jaminan bahwa aurora akan terlihat meskipun sudah datang di antara bulan september-maret. Badai bisa saja terjadi dan pastinya menutupi langit. Meskipun ada kemungkinan badai terjadi, waktu di bulan tersebut tetap pilihan terbaik untuk berusaha melihat cahaya.

Tempat Terbaik Melihat Aurora Islandia

1. Reykjavik

Reykjavik
Cr: Canva.com – Agnes Javier – Loveless

Reykjavik menjelma menjadi salah satu kota terbersih, terhijau dan teraman di dunia. Kota ini merupakan ibu kota Islandia yang memang menghasilkan polusi cahaya. Namun, tetap sangat direkomendasikan untuk menjadi salah satu destinasi melihat Aurora Borealis.

Kota ini memiliki Taman Nasional Þingvellir yang menawarkan langit yang cukup gelap. Mercusuar Grotta di Semenanjung Seltjarnarnes memberikan suasana kawasan paling gelap di ibu kota Islandia.

2. Jokulsarlon

Aurora Jokulsarlon
Cr: Canva.com – zysman

Jokulsarlon merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat cahaya utara. Laguna glasial di bagian selatan Islandia ini berada sekitar lima jam dari Reykjavik.

Gunung es sebening kristal yang menjadi latar belakang dan laguna atau perairan glasial menawarkan pantulan cahaya auroa yang sangat indah. Banyaknya anjing laut di perairan ini menambah rasa takjub saat menikmati kilauan cahaya.

3. Snæfellsnes

Aurora borealis snaefellsnes
sumber: pexels.com

Snæfellsnes 130 mil barat laut dari Reykjavik, semenanjung yang berada di sekitar gunung berapi Snæfellsjökull. Air terjun, gletser, terbing terjal serta Gunung Kirkjufell menambah keindahan. Aurora memunculkan cahaya menakjubkan yang bisa dinikmati di dekat Gunung Kirkjufell dan di Pantai Djúpalónssandur yang memilki pasir hitam.

4. Vik

cahaya aurora VIK
sumber: pexels.com

Berjarak sekitar dua setengah jam ke arah selatan dari Reykjavik melalui Ring Road. Pantai Selatan ini menciptakan siluet menakjubkan dengan cahaya langit penuh warna serta tebing-tebing dan pantai pasir hitam yang menambah keindahannya.

Vik memberikan pemandangan tebing ikonik Reynisdrangar serta lengkungan batu Dyrhólaey yang cocok juga saat ingin menikmati aurora. Danau Heiðarvatn menawarkan tempat untuk memancing ikan trout sebagai opsi lain saat berada di Vik.

5. Westfjords

Aurora Westfjords
Cr: Canva.com – alexeys

Westfjords terletak lebih utara dibandingkan Reykjavik. Reykjavik tempat yang ramai penduduk sedangkan Westjord merupakan tempat terpencil yang jarang penduduk. Wilayah ini menawarkan langit gelap yang sangat sempurna untuk menyaksikan aurora lebih bercahaya.

Mendaki gletser Drangajökull atau sekedar berjalan-jalan di lembah Heydalur bisa menjadi pilihan tambahan saat berada di Westfjords. Sisi barat Westfjords memberikan pemandangan tebing burung terbesar di Eropa, yaitu Látrabjarg. Látrabjarg merupakan titik paling barat Islandia yang akan bertambah indah pada malam hari di saat menikmati cahaya aurora.

Islandia sangat bisa untuk menjadi tujuan destinasi wisata saat berkeinginan untuk mendapat pengalaman mengesankan yang tak akan terlupakan. Berpergian haruslah mempersiapkan barang bawaan yang diperlukan supaya memberikan kemudahan. Ke mana pun tujuannya, kita sangat perlu untuk riset terlebih dahulu tempat yang akan kita tuju.

 

Penulis: Teddy Adhitya | Editor: Tiara Rahmayanti