Cara Konsisten Diet Sehat Antigagal

Sumber: freepik.com

Tubuh tidak ideal menjadi permasalahan bagi banyak orang, entah terlalu kekurangan ataupun terlalu berlebih. Badan tidak ideal bisa kita atur dari pola hidup yang dijalani. Berat badan bisa diturunkan secara alami untuk menjaga kesehatan dan terhindar dari risiko yang berbahaya jika mengalami berat badan berlebih. Pola makan sehat bisa menjadi bagian dari cara konsisten diet sehat dalam mengatur berat badan yang tidak ideal.

Berusaha untuk melakukan diet, sering kali memiliki semangat untuk memulai program diet yang dapat membuat tubuh menjadi ideal antara tinggi badan dengan berat badan yang proporsional. Semangat tersebut tidak jarang hanya bertahan di awal-awal saja, lalu kembali pada kebiasaan yang menyebabkan tubuh tidak proporsional. Sangat sulit untuk mempertahankan suatu rutinitas yang sama dalam jangka waktu yang lama. Kebosanan selalu menyerang di saat jenuh dengan rutinitas bersifat monoton.

Cara Konsisten Diet Sehat Anti Gagal
Sumber: pexels.com

Beberapa Cara Konsisten Diet Sehat

1. Tentukan Target Paling Realistis

Tentukan Target Paling Realistis untuk menurunkan berat badan ideal
Sumber: pexels.com

Ketidaksabaran menjadi hal yang dapat mematahkan semangat. Menaruh target untuk melakukan penurunan berat badan yang sangat signifikan hanya dalam waktu yang singkat menjadi ekspektasi banyak orang sehingga melakukan hal apa pun demi mencapainya, padahal itu sama saja mempertaruhkan kesehatan tubuh. Tubuhmu yang kehilangan banyak berat badan dalam waktu sangat singkat dengan cara paksaan malah memungkinkan  akan membuat tubuhmu kaget dan kelelahan berlebih secara bersamaan, bukannya menyehatkan malah menimbulkan risiko yang jauh lebih berbahaya. Target yang realistis memberikan kesempatan pada diri kita untuk menyayangi tubuh diri sendiri, sehingga meningkatkan semangat serta konsisten diet lebih tinggi karena tahu bahwa target realistis memiliki potensi tergapai yang sangat tinggi.

2. Tetapkan Tujuan Jelas untuk Motivasi 

Tetapkan Tujuan Jelas untuk Motivasi mencapai diet sehat
Sumber: pexels.com

Melakukan suatu hal tanpa tujuan yang jelas, tentunya arah dari hal tersebut berujung pada ketidakjelasan. Diet tanpa alasan yang jelas tentu akan berakhir dengan cara yang sama karena akan sangat sulit melakukan hal yang kurang nyaman saat tidak tahu tujuan. Tujuan jelas membantu meningkatkan motivasi saat mengalami penurunan semangat karena dengan mengingat tujuan dapat terbayang tentang hal baik yang terjadi saat tujuan tersebut tercapai. Hal tersebut membuat rasa bosan, rasa malas, bahkan rasa ingin menyerah jadi terkalahkan. Saat perasaan-perasaan negatif menjadi minim, maka konsistensi diet akan terbangun.

3. Bertahap dalam Konsisten Diet Sehat

Bertahap Konsisten Diet Sehat
Sumber: pexels.com

Ketidaksabaran memberikan dampak negatif. Saat sudah menentukan tujuan, rasa tidak sabar untuk segera mencapai garis akhir muncul karena membayangkan akan mendapat kesenangan-kesenangan. Bertahap memberikan tubuh jeda dan waktu untuk membiasakan diri dalam pola hidup yang baru. Ketidaksabaran menurunkan daya analisis. Bertahap menjadikan gambaran jelas terkait hal yang telah dicapai dalam program konsisten diet.

4. Cari Teman yang suportif

Konsisten diet sehat memerlukan dukungan
Sumber: pexels.com

Teman atau pendukung saat menjalani program diet sangat diperlukan. Teman yang suportif berpengaruh pada kualitas perjalanan diet sehat. Pengaruh yang terjadi seperti ketika menurunnya semangat. Namun, ada teman yang mengingatkan terkait pencapaian tujuan. Teman seperjuangan juga akan sangat bermanfaat karena akan saling memberikan saran, kritik, serta hal-hal yang bisa dilakukan. Mempunyai teman seperjuangan juga akan memperseru perjalanan dalam meraih tubuh yang ideal dan menjauhkan dari rasa jenuh.

5. Imbangi dengan Olahraga

Olahraga sebagai penyeimbang konsisten diet sehat
Sumber: pexels.com

Cara konsisten diet sehat tentunya memerlukan penyeimbang selain dari mengatur makanan, menentukan target realistis, ataupun memperjelas tujuan sebagai motivasi. Penyeimbang yang sangat vital dan bisa menjadi paling berpengaruh kepada hasil diet adalah olahraga. Cara konsisten diet sehat akan menjadi tidak berdampak bahkan tidak berguna jika tubuh kita terlalu banyak diam atau bersantai. Olahraga membantu menurunkan kadar lemak jenuh yang menumpuk, bahkan dapat membantu menaikkan masa otot. Masa otot yang naik dan kadar lemak jenuh yang menurun menandakan bahwa tubuh mulai memiliki berat badan yang ideal. Kita perlu mengingat bahwa setiap proses yang membuahkan hasil baik itu membutuhkan perjuangan.

6. Konsultasi ke Ahli Gizi Terkait Konsisten Diet Sehat

Dokter Gizi untuk menurunkan berat badan secara sehat
Sumber: pexels.com

Sering kali kita mengartikan diet sebagai penurunan berat badan, padahal pengertian yang paling tepat adalah cara mengatur jumlah makan dan minum yang masuk ke dalam tubuh dengan maksud mencapai badan yang ideal. Hal tersebut menandakan perlunya pengaturan makan dan minum yang paling tepat, maka perlu konsultasi kepada dokter gizi ataupun pakar yang berpengalaman supaya langkah dalam mengatur asupan pada tubuh ataupun melakukan pola kegiatan untuk meraih diet sehat menjadi tepat dan efektif.

Penulis: Teddy Adhitya | Editor: Aini Zulfa Izza