12 Rekomendasi Hotel Unik yang Tersebar di Indonesia

WhatsApp Image 2024-06-18 at 00.07.13

Indonesia, sebuah negara yang terkenal dengan keindahan landscape dan budaya yang beragam, juga memiliki beberapa rekomendasi hotel unik dan tidak biasa di dunia. Hotel-hotel ini menawarkan pengalaman yang sangat berbeda, menggabungkan desain artistik, budaya lokal, dan lokasi yang menakjubkan. Baik Anda mencari penginapan petualangan ataupun retret yang tenang, berikut adalah lima hotel unik di Indonesia yang pasti akan membuat Anda terkagum-kagum.

  1. The FloatHouse River Kwai, Banyuwangi

Rekomendasi hotel unik
Source: tripadvisor

Terletak di tengah-tengah lanskap hijau Banyuwangi di Jawa Timur, The FloatHouse River Kwai adalah hotel terapung yang luar biasa yang membenamkan tamu dalam ketenangan alam. Setiap vila terapung dibuat menggunakan bambu dan dirancang dengan indah agar dapat menyatu dengan lingkungan sekitar. Bangun dengan pemandangan panoramik sungai dan hutan hujan, nikmati sarapan santai yang disajikan di teras pribadi, dan pergunakan waktu santai dengan pijat santai di paviliun spa terbuka. The FloatHouse River Kwai menawarkan kesempatan unik untuk melarikan diri dari hiruk pikuk kehidupan kota dan kembali bersatu dengan alam.

  1. The Temple Lodge, Bali

Rekomendasi hotel unik
source: bali retreats

Terletak di tebing yang menghadap ke air jernih Pantai Bingin yang indah di Bali, The Temple Lodge adalah hotel bohemian-chic yang menggabungkan pemandangan menakjubkan dengan suasana santai. Desain unik hotel ini mencakup unsur-unsur Bali tradisional, seperti pintu kayu antik dan ukiran

  1. Rumah Gadang Hotel, Bukittinggi

Rekomendasi hotel unik
source: hotelmix.id

Hotel ini terinspirasi dari rumah-rumah tradisional Minangkabau yang khas. Arsitekturnya yang megah dan unik membuat Anda merasa seolah-olah sedang tinggal di rumah adat yang sebenarnya. Selain itu, hotel ini juga menawarkan kolam renang dengan pemandangan indah Bukittinggi.

  1. Orangutan Eco Lodge, Gunung Leuser

Rekomendasi hotel unik
source: tripadvisor

Jika Anda tertarik dengan satwa liar, menginap di Orangutan Eco Lodge adalah pilihan yang tepat. Terletak di tengah hutan rimba Gunung Leuser, hotel ini menghadirkan suasana alami yang menyenangkan. Selain itu, Anda juga dapat menemui serta berinteraksi langsung dengan orangutan yang hidup bebas di habitat aslinya.

  1. Bamboo Village, Belitung

Rekomendasi hotel unik
source: rumahku.com

Ingin merasakan sensasi menginap di rumah yang terbuat dari bambu? Bamboo Village di Belitung adalah tempatnya. Terletak di tengah kebun raya, hotel ini menawarkan pengalaman menginap yang berbeda dengan suasana alam yang asri. Anda juga dapat menikmati sunrise dan sunset dengan hanya berjalan beberapa langkah dari kamar Anda.

  1. The Rimba Orangutan Eco Lodge, Bukit Lawang, Sumatra Utara

Rekomendasi hotel unik
source: airpaz.com

Pengalaman menginap di tengah hutan dengan pemandangan langsung ke habitat orangutan. Bisa menjelajahi alam liar dan berpartisipasi dalam aktivitas pelestarian lingkungan.

  1. Derawan Water Cottage, Pulau Derawan

Rekomendasi hotel unik
source: booking.com

Jika Anda mencari pengalaman unik di tengah-tengah keindahan laut Kalimantan, Derawan Water Cottage adalah pilihan yang sempurna. Terletak di Pulau Derawan, hotel ini menawarkan cottage mengapung yang terletak di atas air jernih dan bening. Anda dapat terbangun dengan pemandangan langsung ke lautan dan menyelam langsung dari kamar Anda. Selain itu, hotel ini juga menawarkan berbagai kegiatan, seperti menyelam, snorkeling, dan melihat penyu bertelur di pantai pulau tersebut.

  1. Rimba Orangutan Eco Lodge, Tanjung Puting

Rekomendasi hotel unik
source: bumi journey

Jika Anda ingin mengalami kehidupan liar Kalimantan yang eksotis, Rimba Orangutan Eco Lodge adalah tempat yang tepat. Terletak di Tanjung Puting, hotel ini menyediakan akomodasi yang terintegrasi dengan alam sekitar dan berkontribusi pada konservasi orangutan di Taman Nasional Tanjung Puting. Anda dapat mengamati orangutan liar dari dekat di pusat rehabilitasi orangutan yang terletak di dekat hotel. Selain itu, para tamu juga dapat melakukan pemandangan alam sungai dan hutan yang menakjubkan.

  1. Longhouse Betang Penihing, Kalimantan Timur

Rekomendasi hotel unik
source: indonesia tourism

Jika Anda ingin merasakan kehidupan masyarakat Dayak di Kalimantan, menginap di Longhouse Betang Penihing adalah pilihan yang sempurna. Terletak di Kalimantan Timur, longhouse ini merupakan rumah tradisional suku Dayak yang terdiri dari beberapa rumah dengan ruang bersama di tengahnya. Tamu dapat mengalami budaya Dayak yang kaya dan tradisional, serta menyaksikan tarian dan upacara adat yang unik. Perhatian, hotel ini menawarkan akomodasi yang sederhana namun memiliki pengalaman yang tak terlupakan.

  1. The Lombok Lodge, Gorontalo

source:meramuda

Jika Anda mencari akomodasi yang eksklusif dan mewah di Sulawesi Utara, maka The Lombok Lodge di Gorontalo adalah pilihan yang tepat. Hotel ini menawarkan bungalow-bungalow tepi pantai yang indah dengan pemandangan laut yang menakjubkan. Selain itu, Anda juga dapat menikmati berbagai fasilitas, seperti restoran yang menyajikan makanan lezat, kolam renang, dan layanan spa.

  1. The Anaira Resort, Togian Islands

source : youtube/friska yeni

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi liburan di pulau terpencil yang alami dan tenang, maka The Anaira Resort di Kepulauan Togian adalah pilihan yang sempurna. Resort ini hanya memiliki beberapa bungalow dengan desain tradisional yang menggabungkan gaya Indonesia dan Eropa. Selain itu, resort ini juga memiliki pantai pribadi yang indah dan perairan laut yang sangat jernih, sehingga Anda bisa menikmati keindahan bawah laut yang spektakuler.

  1. Misiliana Hotel, Toraja

source: seratus news

Jika Anda tertarik dengan kebudayaan Toraja yang kaya, maka menginap di Misiliana Hotel di Rantepao adalah pilihan yang tepat. Hotel ini menawarkan kamar dengan desain tradisional Toraja yang unik dan interior yang mencerminkan keindahan seni dan karya tangan Toraja. Anda juga bisa menikmati pemandangan lanskap yang indah dari balkon kamar. Selain itu, hotel ini juga menyediakan berbagai fasilitas seperti restoran, kolam renang, dan area spa.

Itulah beberapa rekomendasi hotel unik di Indonesia yang bisa Anda pilih saat berlibur ke berbagai pulau di Indonesia. Menginap di hotel unik di Indonesia tidak hanya memberikan kenyamanan, tetapi juga pengalaman yang tak terlupakan dalam mengenal lebih dekat keindahan budaya dan alam pulau Indonesia. Semua hotel tersebut menawarkan pengalaman menginap yang tak terlupakan dengan desain dan fasilitas yang unik. Jadi, apakah Anda siap merencanakan liburan ke berbagai daerah di Indonesia dan mencoba salah satu dari list rekomendasi hotel unik ini? Selamat menikmati pengalaman tak terlupakan di Indonesia.

Baca juga: List Barang yang Harus dibawa saat traveling!

 

Penulis: Natasya  | Editor: Tiara Rahmayanti