Membaca Buku Online Gratis di Indonesia, Ini Dia 10 Websitenya!

Membaca buku merupakan aktivitas yang tidak terlepaskan bagi masyarakat di kehidupan dewasa ini. Dari generasi tua sampai muda sekarang masih membutuhkan buku bacaan baik untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan mengetahui informasi. Melalui fenomena globalisasi dan modernisasi ini membuat aktivitas baca buku bisa dilakukan secara daring atau online. Banyak aplikasi maupun website yang menyediakan akses membaca buku gratis secara online.

membaca buku online

source: ilmu-pendidikan.net

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas apa saja website yang menyediakan akses membaca buku gratis secara online. Website-website ini sangat direkomendasikan karena kemudahan dalam penggunaanya, bahkan ada yang tidak perlu membuat akun terlebih dahulu.

Dengan adanya website ini, besar harapannya bahwa generasi muda akan semakin melek pada manfaat pentingnya membaca buku, sehingga kita bisa terus melestarikan budaya membaca buku. Melalui baca buku juga dapat meningkatkan pemikiran analitis seseorang. Jadi, berikut ini adalah 10 website baca buku online gratis di Indonesia.

10 Website Membaca Buku Online Gratis di Indonesia

1. perpus.org

Situs pertama ini sangat membantu kamu dalam rujukan bahan bacaan karena menyediakan banyak buku dari berbagai genre. Kategori yang disediakan ada 29 yakni: teknologi, sosial dan psikologi, sains, romansa, pengembangan diri, parenting, misteri, komik, hobi, komedi, hukum dan politik, horor dan fiksi sejarah. Bahkan terdapat juga fiksi religi, bumil, textbook, kisah inspiratif, fiksi petualangan, bisnis dan ekonomi, kesehatan, agama, dan buku fiksi. Untuk anak-anak disediakan juga berupa dongeng dan fabel serta buku anak-anak.

Untuk buku yang baru diterbitkan dapat diakses secara gratis serta bisa juga diunduh. Fitur yang tidak kalah bagusnya adalah terdapatnya fitur donasi buku, yang mana hal ini sangat penting dalam meningkatkan motivasi membaca buku dengan melakukan donasi buku. Hal ini juga dapat menjadi salah satu wadah untuk menyalurkan hasil karya dan hobimu dalam menulis.

2. OAPEN Library

Situs ebook gratis ini berfokus pada buku-buku akademik di sosial humaniora, sehingga sangat membantu kamu untuk menambah bahan rujukan bacaan dalam mengerjakan tugas. Keunggulan situs ini dari situs lainnya yaitu terdapat penerapan peer review yang menjaga kualitas ebook, sehingga hanya buku-buku yang sudah lulus uji coba oleh akademisi saja yang akan lulus terbit pada OAPEN Library.

3. Google Books

Google Books menjadi mesin pencari terbesar saat ini, sehingga memiliki banyak bacaan dari buku, artikel dan jurnal hasil penelitian. Situs ini banyak tergabung dengan jurnal Sinta yang sudah terakreditas sangat baik, sehingga kualitas buku, artikel dan jurnal sudah bisa dipastikan.

Cara dalam mencari bahan bacaan juga mudah, hanya dengan mengetik keywords saja maka sudah bisa mendapatkan hasil bacaan yang diinginkan. Untuk bisa mendapatkan akses gratis dan bisa akses secara menyeluruh, maka kamu bisa klik: “search tools” dan ubah “any books” menjadi “free google ebooks“.

4. literature.org

Situs ebook gratis ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai sastra. Ada banyak sekali karya sastra di situs ini. Kamu dapat menemukan karya dari Dumas, Mark Twain, Allan Poe, dan tokoh terkenal lainnya. Situs ini menyediakan ribuan buku dari sastrawan yang dapat kamu unduh secara gratis. Hal ini dapat menjadi bahan bacaan kamu, bahkan menjadi rujukan kamu dalam menciptkan karya sastra kamu sendiri.

5. manybooks.net

Situs ebook gratis lainnya adalah manybooks.net yang mana keunggulannya adalah ada berbagai ebook gratis dengan berbagai bahasa yang bisa kamu pilih. Kamu dapat menemukan ebook berbahasa inggris hingga lainnya yang bisa membantumu dalam proses belajar bahasa asing.

6. Project Gutenberg

Michael Hart adalah tokoh pembuat situs ini pada tahun 1971. Selama waktu 52 tahun sejak berdirinya membuat situs ini memiliki banyak judul dengan jumlah 56.000 yang tersedia untuk dibaca oleh publik secara legal. Maka tidak heran jika situs ini menjadi salah satu situs favorit para pecinta buku di seluruh dunia. Kemudian, jika menggabungkan dengan situs-situs afiliasi lainnya, maka jumlah buku yang tersedia akan lebih dari 100.000.

Untuk tema yang tersedia adalah Sejarah, Fabel, Sastra, hingga Sains. Koleksi buku ini bisa di unduh dalam format EPUB, MOBI, dan TXT. Kelebihannya, situs ini memungkinkan buku yang di unduh untuk disimpan langsung ke penyimpanan pribadi daring seperti Dropbox, Google Drive, dan OneDrive. Jadi, website ini sangat cocok untuk menjadi tempat membaca buku online yang bisa membantu dalam dunia pendidikanmu.

7. Open Library

Situs perpustakaan online satu ini memiliki lebih dari 20 juta koleksi ebook. Keunggulannya, setiap orang dapat berkontribusi dengan menambahkan buku pada situs ini, sehingga terus terjadi penambahan dan perubahan. Perpustakaan ini menyediakan bacaan dari buku seni, novel fantasi, biografi, kesehatan sejarah dan masakan. Tampilannya juga bagus dan memudahkan dalam pencarian karena pengelompokannya berdasarkan tema.

8. ebookdirectory.com

Ada sekitar 20.000 koleksi buku yang tersedia secara gratis, mulai dari genre motivasi, marketing, masakan, humor, self-help, novel, sejarah, komputer, dan sebagainya. Ketersediaan banyaknya buku adalah karena hak cipta sudah tidak berlaku lagi.

9. getfreebooks.com

Situs ebook ini menyediakan buku yang gratis secara legal. Tema-tema buku juga menyesuaikan dengan tren yang saat ini sedang populer.

10. centslessbooks.com

Ada banyak sekali pilihan buku secara gratis melalui Kindle. Buku tersebut ada beberapa kategori dari romance, fantasi, self-help, medis, hukum, travel, parenting, sejarah, bahkan buku anak-anak.


Nah, itu dia 10 website baca buku online gratis yang wajib kamu kunjungi untuk menambah rujukan buku bacaan.

Baca juga : 8 Rekomendasi Channel Youtube Agar Kembali Produktif

Author: Rindiani Aprilia | Editor: Rincinailatul Agustin