10 Kafe Unik di Indonesia: Sensasi Ngopi yang Tak Terlupakan

Kafe Unik di indonesia

Indonesia terkenal dengan keragaman budayanya dan ini tertuang tak hanya pada wisata alamnya, tapi juga pada dunia kulinernya. Indonesia juga terkenal dengan budaya ngopi yang kuat. Namun seiring berjalannya waktu, kafe tak lagi hanya sekadar tempat menyeruput kopi. Banyak kafe yang berlomba menawarkan konsep unik untuk menarik perhatian pengunjung. Kafe tak lagi sekadar tempat ngopi biasa, tapi menjelma menjadi destinasi seru dengan konsep-konsep unik. Tertarik ngopi dengan pengalaman yang berbeda? Mari berkeliling ke beberapa kafe unik di Indonesia yang siap memanjakan mata dan lidah Anda!

source: Instagram @blackbamboo.bdg

1. Cafe Rumah Pohon (Bandung)

Bermimpi menikmati kopi di atas pohon sambil bernostalgia dengan masa kecil? Cafe Rumah Pohon di Bandung ini menawarkan sensasi ngopi di antara pepohonan rindang. Beberapa tempat duduknya berupa rumah pohon mungil yang asyik untuk bersantai sambil menikmati pemandangan hijau yang rindang.

Kafe ini dibangun menyerupai rumah pohon, dengan beberapa gubuk kayu yang bertengger di antara pepohonan rindang. Suasana asri dan pemandangan alam yang memesona membuat nongkrong di sini terasa istimewa.

Area cafe nya tidak terlalu luas karena memiliki banyak lahan kosong yang membuat cafe nya tidak terlalu berisik. Area nya ada indoor (rumah pohon), semi outdoor, dan outdoor. Dekorasi di dalam rumah pohonnya juga cakep, membuat kita akan betah berjam-jam di sini. Lokasinya ada di Black Bamboo Coffee (Sekejolang, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung)

source: Instagram @upsidedownworldbali

2. Upside Down World (Bali)

Pernah bermimpi berjalan di langit-langit? Upside Down World membuat impian tersebut jadi kenyataan. Kafe unik di Indonesia selanjutnya menghadirkan ruangan terbalik. Kafe ini didesain terbalik dengan furnitur menempel pada langit-langit dan lantai seolah menjadi atap.

Furnitur dan hiasan ruangan terpasang di langit-langit, menciptakan ilusi optik yang menarik untuk foto. Lokasinya ada di Jl. Bypass Ngurah Rai No 726, Pemogan, Denpasar, Bali, Indonesia.

source: tripadvisor

3. Warung Kopi Klotok (Jogja)

Mencari suasana tradisional? Warung Kopi Klotok Jogja wajib dikunjungi. Kafe ini menyajikan kopi dengan cara unik, yaitu diseduh menggunakan panci tanah liat yang mengeluarkan bunyi “klotok-klotok” saat dipanaskan di atas arang.

Lokasinya berada di tengah suasana perdesaan, ada sawah dan kebun ladang. Lokasi Warung Kopi Klotok berada di Jalan Kaliurang KM 16, Pakembinangun, Sleman, Jogja. Kalau dari pusat kota, posisinya masuk ke dalam sekira 200 meter. Naik mobil dari tengah kota Jogja, kira-kira perlu waktu 50 menit mencapai Warung Kopi khas Jawa ini.

source: Instagram @thecatcabinjakarta

4. Cat Cafe (Jakarta)

Bagi pecinta kucing, Cat Cafe bisa menjadi pilihan yang tepat. Kafe ini tak hanya menawarkan menu kopi dan makanan, tetapi juga tempat bermain dengan kucing-kucing lucu. Sambil bersantai dan menikmati kopi, pengunjung bisa berinteraksi dengan para penghuni kafe yang menggemaskan. Bagi kamu pecinta kucing, wajib nyobain Cat Cafe ini.

Kafe ini tak hanya menawarkan aneka minuman dan makanan, tapi juga menyediakan area bermain dengan kucing-kucing lucu. Kamu bisa berinteraksi langsung dengan kucing sambil bersantai menikmati camilan. Cat Cafe ini bisa ditemukan di beberapa titik tersebar di Jakarta, seperti Kopi Cat by Groove yang berlokasi di daerah Kemang, Jakarta Selatan juga di Bintaro, Tangerang Selatan, Bilik Kucing yang berada di bilangan Depok, serta The Cat Cabin yang berlokasi di Kemang, Jakarta Selatan.

source: tripadvisor

5. Kafe ala Harry Potter: Take A Bite (Jakarta)

Penggemar Harry Potter wajib mengunjungi Take A Bite! Kafe bertema dunia sihir ini memiliki dekorasi khas Hogwarts, dari dinding bata merah hingga kereta luncur Hogwarts Express. Anda bisa berfoto seolah-olah akan berangkat ke sekolah sihir!

Interior design-nya unik, yaitu bertema Harry Potter. Buat penggemar Harry Potter pas banget kalo ke sini karena ada spot foto lengkap dengan jubah Hogwarts House (Gryffindor, Hufflepuff, Ravenclaw, dan Slytherin). Kafe ini berada di Jl. Pluit Permai No. 10, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

source: Instagram @explore_jakarta

6. Space Theme Kafe (Jakarta)

Ingin merasakan sensasi makan di luar angkasa? Milky Way Cafe di Jakarta menghadirkan konsep futuristik dengan dominasi warna biru dan silver. Lampu-lampu gantung berbentuk planet dan roket menambah kesan berada di luar angkasa.

Area dine in mereka ada indoor dan outdoor, plus ada lantai 2 serta bisa dine in di area tangganya yang hits. Menu mereka memang lebih banyak minuman dan dessert. Kemudian, ada juga makanan berat tapi tidak memiliki banyak variasi. Lokasinya ada di St Moritz Mall (Lippo Mall Puri), Lantai Ground – Jl. Puri Indah Boulevard Blok U1, Puri, Jakarta Barat

source: Instagram @nimnabookcafe

7. Book Cafe (Bandung)

Bagi pecinta buku, Nimna Bookcafé adalah surga. Kafe ini memiliki rak-rak buku yang berisi berbagai macam koleksi. Anda bisa ngopi sambil membaca buku favorit atau sekedar browsing koleksi buku yang ada. Interior kafenya bernuansa hangat yang didominasi warna coklat dan bahan kayu dengan area tempat duduk di bawah yang nyaman, dijamin bikin betah nugas seharian.

Kafe ini sendiri cukup luas, dengan dua platform di mana para pengunjung dapat duduk bersila saat bekerja, makan makanan ringan, atau membaca. Ada banyak koleksi buku yang boleh dipinjam maupun dibaca di tempat, mulai dari fiksi dan non-fiksi maupun sastra hingga komik pada rak yang melapisi setiap sudut dinding kafe. Kafe ini berada di Jl. Sukahaji Bawah 126 Grha Satria GF, Bandung

source: Instagram @vaultboardgame

8. Game Board Cafe (Surabaya)

Kafe-kafe ini tak hanya menawarkan fasilitas bermain board game biasa, tapi juga memiliki tempat duduk dan fasilitas yang nyaman. Kafe ini cocok untuk para pengunjung yang ingin bersantai sambil makan minum dan bermain permainan bersama dengan teman mereka.

Board game sendiri merupakan permainan yang seru banget untuk kamu mainkan bareng teman, pasangan ataupun keluarga. Jadi daripada ngafe biasa terus bosan, yuk cobain berkunjung ke kafe board game! Kamu bisa menemukan beberapa Board Game Cafe tersebar di Surabaya, salah satunya adalah The Vault Board Game Cafe yang terletak di Level 1 Pakuwon Mall, Babatan, Kec. Wiyung, Surabaya. The Vault Board Game Cafe memiliki koleksi game yang menarik seperti Catan, Dixit, Cluedo, Survive, Skull, Dungeon & Dragons, Avalon, Splendor dan masih banyak lagi.

source: Instagram @kopinusan

9. Cafe Mobil (Jawa Tengah)

Bagi pecinta minimalis dan simpel, Cafe Mobil hadir sebagai pilihan tepat. Kafe mobil menyulap mobil van menjadi tempat ngopi yang nyaman dan Instagramable. Tren kopi keliling semakin marak dengan konsep coffee truck yang berjalan menjangkau berbagai lokasi. Salah satu contohnya adalah Kopi Nusantara, sebuah kafe truk yang terletak di kawasan Purworejo, Jawa Tengah.

Pengunjung tak hanya bisa menikmati kopi yang nikmat, tetapi juga berfoto dengan latar belakang yang menarik. Cafe Mobil biasanya mangkal di tempat-tempat strategis yang menawarkan pemandangan indah. Hal ini membuat pengalaman ngopi semakin istimewa.

source: Instagram @jakartaaquarium

10. Ocean Lounge (Jakarta)

Ingin ngopi dengan nuansa unik? Ikan-ikan di sini siap menemani! Jakarta Aquarium bisa menjadi pilihan. Tempat ini memiliki akuarium besar yang berisi berbagai jenis ikan hias, sekaligus menjadi destinasi kafe unik terakhir di Indonesia. Menikmati hidangan sambil melihat ikan-ikan berenang bisa menjadi penghilang penat yang efektif.  Jakarta Aquarium ini terletak di NEO SOHO lantai LG No 101, Jakarta Barat.

Ini hanyalah sebagian kecil dari kafe unik yang ada di Indonesia. Semakin berkembangnya kreativitas, kafe dengan konsep-konsep unik lainnya pun bermunculan. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, jelajahi kafe unik di Indonesia dan rasakan sensasi ngopi yang tak terlupakan!

Writer: Angelina Viola | Editor: Wiartika Sisil Mukaromah

Baca Juga: 12 Rekomendasi Hotel Unik di Indonesia